Rabu, Oktober 10, 2012

Membuat cassing komputer dari bahan triplek

By Evans   Posted at  Rabu, Oktober 10, 2012   Inovasi saya No comments

A. Bingung dan ide menjadi satu

Cassing apa yang harus saya miliki? menggunakan cassing buatan pambrik harganya bisa mencapai Rp.100.000??? tidak mungkin. menggunakan bahan aclirick, tidak mungkin karena pasti harganya lebih mahal dari pada kaca. Waktu pulang sekolah ayah saya sedang memperbaiki pintu yang terbuat dari triplek dan memiliki sisa. Lalu saya membayangkan kenapa tidak dibuat menjadi cassing computer. tinggal satu yang harus dipikirkan lagi, "gimana caranya agar bisa memberikan kelembutan dan menghindari dari arus pendek atau setruman??? karena si bahan dasar (triplek) sangat kasar permukaannya dan dapat menimbulkan luka". Saya termenung sejenak, dan memiliki ide "menggunakan Lakban sebagai bahan tambahan!!!!!!!". karena lakban permukaannya sangat halus dan rapi. dan lakban tersebut sebagai pengunci di setiap sisi. membuat rancangan dan memulai pembuatan.
B. Versi rakitan

  1. versi E001
    Menggunakan Pentium 3 dari komputer saya yang jadul, pada tahun 2011. sistem operasi yang bisa di gunakan Ubuntu 9.0 dan Windows Xp.
  2. versi E002
    Masih menggunakan Pentium 3 pada akhir tahun 2011. namun sudah mulai menggunkaan saklar on\off.
  3. versi E003
    Sudah mulai masuk ke Pentium 4 pada bulan Juli tahun 2012. Dengan terkumpulnya beberapa komponen yang lumayan canggih. 
  4. versi E004 (Azdel Az)
    Bulan Agustus tahun 2012, mulai menggunkan silinder pintu bekas sebagai keamanan komputer. Dan komputer ini namanya dari nama ayah saya yaitu Azdel. yang telah memberikan motivasi kepada saya. 
C. Kelebihan dan kekurangan
Mungkin harga cassing ini akan lebih murah dari pada lainya. Karena komputer ini menggunakan cassing yang terbuat dari bahan triplek bekas. dengan pemanfaatan limbah triplek akan mengurangi limbah, disamping itu tidak merusak lingkungan. komputer ini memiliki 2 saklar sekaligus, yang satu menggunakan silinder pintu bekas dan yang satunya lagi menggunakan saklar on/off bukan yang tombol Saklar Push Button. sehingga dalam menyalakan komputer seperti menyalakan mesin mobil.
 Kekurangannya adalah saat serangga masuk seperti si cicak, dapat membuat sirkuit motherboard atau Power supply menjadi rusak. gimana caranya agar cicak tidak masuk ke dalam power supply. solusinya adalah dengan memberikan jaring jaring kecil di lubang Power suplly. sehingga aman dan udara panas dari dalam masih bisa keluar.


Bagi yang ingin membuat komputer seperti ini. Silahkan bisa di download file presentasi saya. Apa yang saya lakukan untuk inovasi, inovasi tersebut bisa dirasakan manfaatnya untuk semua orang banyak.
Menuju tempat download materi


beberapa gambar:
Saklar kunci silinder pintu













Kaki hardware Hardisk atau CD-ROM





Saklar

Lain lain



Berikut video percobaannya

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

    Diberdayakan oleh Blogger.
© 2013 ev@ns zul. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.